Dauroh Quran 40 Hari Hafal 30 Juz & Faham Terjemahnya

Dauroh Quran 40 Hari Hafal 30 Juz & Faham Terjemahnya

Apa Itu Pesantren Tahfidz Al Quran, Ma'had MataQu?

Pesantren Tahfidz Al Quran, Ma'had MataQu, adalah lembaga pendidikan Islam yang bertujuan mencetak generasi Qurani berakhlak mulia dengan konsentrasi di bidang hafalan Al Quran 30 juz. Mulai berkiprah sejak pertengahan tahun 2015, Ma'had MataQu, telah menghasilkan ribuan alumni program Dauroh Al Quran dari total 27 angkatan dauroh yang digelar hingga akhir tahun 2018.

Apa Itu Program Dauroh Al Quran?

Dauroh Al Quran adalah program yang diselenggarakan Pesantren Tahfidz Al Quran, Ma'had MataQu dengan tujuan menghasilkan penghafal Quran perdana selama periode dauroh yang berlangsung selama 40 Hari/angkatannya. Peserta akan mendapat ijazah maupun sertifikat serta medali di akhir periode dauroh bergantung pada pencapaian masing-masing peserta

Apa Sajakah Syarat Mengikuti Program Ini?

Calon peserta yang akan mengikuti program ini diharuskan:

  1. Muslim/ikhwan dan muslimah/akhwat
  2. Berusia minimal lulusan SD
  3. Lancar membaca Al Quran yang bisa ditunjukkan lewat minimal bacaan surat Maryam ayat 1-11.
  4. Siap mengikuti karantina selama mengikuti program
  5. Siap mengikuti peraturan selama periode dauroh

Bagaimana Program Ini Bisa Menghasilkan Hafidz Dalam Waktu Cepat?

Program ini dirancang sedemikian rupa menggunakan metode Sulaimaniyyah, yang telah teruji bertahun-tahun menghasilkan banyak penghafal Al Quran baru perdana di Timur Tengah. Metode yang terangkum dan disingkat, LUPAKAN, ini memungkinkan para peserta untuk fokus menghafal Al Quran selama periode dauroh. Selain dengan karantina selama proses dauroh, peserta juga akan dibatasi dari mengakses sarana komunikasi lainnya. Untuk menyegarkan suasana, kami juga memasukkan jadwal rihlah/tamasya diantara jadwal dauroh maupun setelahnya.

Apakah Program Ini Efektif?

Alhamdulillah, disetiap angkatannya, ada saja peserta yang berhasil mencapai target hafal 30 juz. Peserta lainnya juga mendapatkan peningkatan hafalan mulai dari 1 hingga beberapa juz

Dimanakah Program Ini Dilaksanakan?

Seluruh rangkaian dauroh dilaksanakan di dalam ataupun di sekitar kompleks Pesantren Al Quran MataQu yang berada di Cipendawa, Megamendung, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Penempatannyapun dipisah antara laki-laki dan perempuan.

Seperti Apakah Jadwal Pelaksanaan Program Dauroh Quran?

Program ini dibagi dalam angkatan-angkatan yang dilaksanakan secara rutin dengan durasi 40 hari per angkatannya dengan jarak beberapa hari dari penutupan angkatan sebelumnya dengan pembukaan angkatan berikutnya.

Kapan Waktu Pendaftaran Program Dauroh Quran Dibuka?

Waktu pendaftaran program dibuka terus, baik secara online maupun langsung di tempat selama kuota tersedia.

Apakah Ada Batasan Wilayah Bagi Peserta Program Dauroh Quran?

Pada prinsipnya, kami menerima peserta dari berbagai tempat di Indonesia bahkan internasional, selama bersedia memenuhi persyaratan sebagaimana dicantumkan sebelumnya, dan mengerti setidak-tidaknya bahasa Indonesia, Inggris, ataupun Arab sebagai bahasa pengantar. Banyak dari lulusan program ini yang berasal dari luar Provinsi Jawa Barat bahkan hingga dari luar Pulau Jawa. Pada pelaksanaan angkatan ke-4, ada peserta yang berasal dari negeri jiran Malaysia, bahkan Australia dan juga Jerman.

Siapakah Yang Bertanggung Jawab Atas Program Ini?

Selain dikelola dan dilaksanakan oleh para staf serta karyawan Pesantren Al Quran MataQu, peserta akan dibimbing langsung oleh Ust. As'ad Humam, Lc, Al Hafidz Sanad Tahfidz & Tahsin lulusan Kairo, Mesir.

Bagaimana Jika Saya Sudah Memiliki Hafalan Beberapa Juz?

Tidak ada halangan bagi peserta yang telah memiliki hafalan satu ada beberapa juz Al Quran untuk tetap dapat mengikuti program ini. Hafalan peserta akan diuji/dites terlebih dahulu untuk dijadikan dasar bagi hafalan batas hafalan seterusnya peserta.

Bagaimana Cara Saya Mendaftar Program Ini?

Anda dapat langsung mendatangi sekretariat kami di Cipendawa, Megamendung, Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Bagaimana Saya Dapat Memperoleh Informasi Lebih Lanjut?

Calon peserta dapat menghubungi kami melalui telepon/sms/whatsapp di nomor:

Atau via email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Berapa Biaya Yang Harus Saya Keluarkan?

Program ini kami tawarkan dengan biaya sebesar Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah)/angkatan

Bagaimana Mekanisme Pembayarannya?

Calon Peserta dapat membayar biaya pendaftaran langsung di tempat, melakukan transfer ke rekening yang ditunjuk, maupun melakukan pembelian di marketplace.

Apa Saja Yang Akan Saya Dapatkan?

Setiap peserta akan mendapatkan konsumsi sebanyak 3 kali sehari, laundry/pencucian baju, nutrisi tambahan sewaktu-waktu, rihlah/refreshing sedikitnya satu kali, P3K apabila dibutuhkan, serta sertifikat maupun ijazah di akhir periode dauroh. Biaya tidak termasuk pengeluaran pribadi peserta seperti jajan ataupun kebutuhan mandi, biaya transport ke dan dari tempat dauroh, biaya pengobatan dan obat-obatan khusus atas penyakit spesifik yang diderita peserta, serta pengeluaran lain yang tidak termasuk dalam komponen pelaksanaan dauroh.

Apakah Saya Bisa Mendapatkan Diskon/Promo?

Peserta yang mendaftar lebih awal akan mendapatkan harga promo dengan nominal yang telah ditentukan. Selain itu keiikutsertaan beberapa angkatan sekaligus juga akan mendapatkan potongan harga jika dibayarkan sekaligus.

Apakah Ada Batasan Peserta Yang Boleh Ikut?

Setiap angkatannya memiliki kuota keikutsertaan yang jumlahnya disesuaikan dengan kapasitas tempat pelaksanaan.

Seperti Apakah Agenda Harian Para Peserta Dauroh?

Kegiatan dauroh normalnya berlangsung dari hari Sabtu s/d Kamis yang meliputi:

  1. Bangun Tahajud pukul 3 pagi dilanjutkan sholat shubuh berjamaah
  2. Setelah sholat shubuh dilanjutkan menghafal sampai pukul 7 pagi
  3. Pukul 7 - 8 istirahat makan pagi dan mandi
  4. Pukul 8 - 11 dilanjutkan menghafal kembali
  5. Pukul 11 - 13 istirahat sholat zhuhur dan makan siang
  6. Pukul 13 - waktu ashar dilanjutkan menghafal kembali
  7. Ba'da ashar s/d pukul 17 dilanjutkan menghafal kembali
  8. Pukul 17 - waktu isya, istirahat sholat maghrib & isya serta makan malam
  9. Bada isya s/d Pukul 21.30 dilanjutkan menghafal kembali
  10. Pukul 21.30 - 03.30 istirahat tidur malam

Hari Jumat libur atau kegiatan bebas.

Bolehkah Saya Membawa Alat Komunikasi

Para peserta dauroh diperbolehkan membawa handphone ataupun alat komunikasi lainnya dengan syarat dititipkan ke panita selama proses dauroh berlangsung. Alat komunikasi biasanya diserahkan sementara di hari Jumat dan setelah dauroh berakhir atau berdasarkan kebijakan panitia.

Bila Saya Tidak Dapat Mengikuti Ataupun Melanjutkan Dauroh, Dapatkan Saya Meminta Pengembalian Uang?

Tidak. Peserta dapat menjadwalkan ulang di dauroh-dauroh berikutnya, mencari pengganti orang yang lain, ataupun menyerahkan kepada panitia untuk mencari penggantinya.

Bagaimana Jika Saya Tidak Berhasil Menghafal 30 Juz Setelah Program Ini Berakhir?

Program ini ditujukan untuk membantu pesertanya agar dapat menghafal Al Quran 30 Juz pada rentang waktu yang telah direncanakan dan kami tidak memberikan garansi 100% bahwa setelah 40 hari, Anda akan dapat menghafal Al Quran 30 Juz. Sebagai manusia biasa, adalah mustahil bagi kami untuk melangkahi takdir Allah swt., seperti dan tidak terbatas pada, meninggal dunia, sakit parah, hilang ingatan, hilang akal, dsb. Namun, Bila Anda merasa waktu 40 hari terlalu tidak masuk akal, kami juga membuka Program Santri Al Quran Hafal 30 Juz Mutqin, dengan waktu mondok minimal 3 (tiga) tahun.

Bagaimana Jika Saya Mendapatkan Haidh Ketika Program Ini Berlangsung?

Walaupun seorang wanita dilarang memegang kitab suci Al Quran ketika tengah mendapatkan haidh, adalah tidak mengapa baginya untuk mengucapkan atau mengulangi bacaan ayat-ayat suci Al Quran. Oleh karena itu, selama masa tersebut, peserta akhwat dapat saja mengulangi hafalannya agar lebih kuat/kokoh.

Apa Ada Brosur Yang Bisa Saya Unduh?

Brosur-Dauroh-luar
Brosur-Dauroh-dalem

Bagaimana Cara Saya Mendapatkan Info Lebih Lanjut?

Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi:

 

Pencarian