Info Seputar

Ma'had MataQu

Ilustrasi Notice
Seputar MataQu

MENYINGKAPI KEJADIAN KEBAKARAN DI LAUNDRY PUTRI DAN PENANGANANNYA

SURAT EDARAN

Nomor : 059/S.Ed/MTQMTQ/X/2021

 

Assalamu'alaikum Wr Wb

 

Sehubungan dengan telah terjadi musibah kebakaran ruangan Laundry Akhwat di Pesantren Putri hari Rabu tanggal 6 Oktober 2021, maka dengan ini kami sampaikan informasi sebagai berikut :

  1. Betul bahwa telah terjadi musibah kebakaran yang terjadi di Ruangan Laundry Akhwat di Pesantren Putri pada pukul 10.30 wib, dimana api telah melahap dan menghanguskan seluruh peralatan Laundry (mesin cuci, mesin pengering, mesin boiler, dll) serta sebagian besar pakaian santri yang telah selesai maupun yang belum di laundry di ruangan tersebut, dimana kejadian ini disebabkan adanya kebocoran gas pada Valve Spinner tabung gas yang ada di ruangan Laundry Akhwat. Akan tetapi, Alhamdulillah, api kebakaran secepatnya dapat dipadamkan oleh pihak karyawan Mataqu, bahkan sebelum tibanya 1 (satu) unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang berhasil tiba di lokasi kebakaran.
  2. Sesuai data yang dihimpun, Alhamdulillah pada kejadian ini tidak terdapat korban jiwa, baik dari pihak santri maupun karyawan Mataqu. Adapun kerugian materiil yang diderita pesantren ditaksir mencapai ± Rp. 350.000.000.
  3. Menghimbau kepada para Wali Santri untuk tidak panik dan hanya mengambil berita terpercaya, yaitu hanya berita yang resmi berasal dari pihak Pesantren.
  4. Menyampaikan bahwa seluruh kegiatan KBM santri Pesantren Putri telah berjalan normal seperti biasa dikarenakan semua ruangan lain, baik ruangan KBM maupun ruangan asrama aman dari api kebakaran.
  5. Terkait santri yang karena pakaiannya terbakar, maka pihak pesantren membolehkan Orangtua/Wali Santri untuk mengirimkan pakaian baru, baik melalui jasa paket maupun diantar langsung. Bagi yang mengantar langsung pakaian putrinya diperbolehkan datang dengan syarat tetap memperhatikan aturan protokol kesehatan (prokes) dan Wajib konfirmasi terlebih dahulu ke Wali Asrama Putri.
  6. Sehubungan dengan perlunya waktu dalam proses perbaikan ruangan Laundry dan pengadaan peralatan Laundry baru, dimana memerlukan waktu yang tidak sebentar, maka dengan ini, Pihak Pesantren menyampaikan permohonan maaf jika pada pelayanan Laundry Santri kedepannya ada ketidaknyamanan dan kurang maksimal. Kami meminta doa dan dukungan dari seluruh orangtua/wali santri agar ruangan laundry akhwat ini bisa secepatnya kembali digunakan secara normal.
  7. Sesuai dengan hasil Musyawarah Pimpinan Pesantren hari Kamis tanggal 7 Oktober 2021, maka dengan ini Pihak Pesantren mengkategorikan kejadian kebakaran ini sebagai musibah bencana/Force Majeur dimana kejadiannya tidak terduga dan diluar keinginan semua pihak. Oleh karena itu, mohon maaf, pihak Pesantren tidak akan melakukan ganti rugi atas pakaian santri yang hangus terbakar, dan kami berharap pihak orangtua/wali santri untuk tidak menuntut ganti rugi dan sama-sama mengikhlaskan diri dan bersabar atas kejadian ini dengan harapan semoga Allah Swt menjadikan amal kesabarannya sebagai pahala di sisi-Nya.
  8. Semoga musibah ini dapat menjadi hikmah dan pelajaran untuk kita semua dan Pesantren tetap dapat berkhidmah sebaik-baiknya untuk para Santri penghafal Qur’an agar bisa mengantarkan cita-cita mereka sebagai Ahlullah (Keluarga Allah).

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas maklum dan perhatiannya kami ucapkan Jazakumullah Khairan Katsiiran.

 

Wassalamu'alaikum wr wb

Bogor, 7 Oktober 2021

DIREKTUR PESANTREN



IMAM FAUZIAN, SS

Pin It

banner program dauroh al quran

banner dauroh al quran 40 hari kotak

Tentang Kami

 

Pesantren Tahfizh Al Quran MataQu adalah lembaga pendidikan Islam yang berkomitmen menghasilkan para penghafal Al Quran dengan menawarkan berbagai program unggulan, diantaranya Santri Al Quran serta Dauroh Al Quran 40 hari.

Selengkapnya...

banner dauroh al quran 40 hari kotak