Telaah Quran

Membaca Al Quran Ada Adab-adabnya juga Loh

 

dua anak kecil membaca al quran

Ilustrasi 2 Anak Kecil Membaca Al Quran. Sumber: www.quranhost.com

Untuk mendekatkan diri kita pada Al Quran, maka kita perlu memperhatikan adab-adabnya. Terutama ketika kita akan membacanya. Sebab, dengan membaca Al Quran, sama halnya kita sedang mendengarkan apa yang telah Allah SWT utarakan. Lalu, apa saja adab membaca Al Quran? Yuk simak artikel artikel berikut ini:

Al Quran merupakan bagi kehidupan kita. Kita tak akan tahu mana yang benar dan salah jika kita tidak membaca Al Quran. Sebab, di dalam Al Quran telah dijelaskan jalan terbaik menuju kebenaran dan keselamatan. Maka, jika kita ingin selamat di dunia ini dan memperoleh kebahagiaan yang kekal di akhirat, dekatkanlah diri kita pada Al Quran.

(Baca Juga: Cepat dan Mudah Menghafal Al Quran 30 Juz Dalam Waktu 40 Hari? Insya Alloh bisa! Mau?)

1. Membaca ta’awwudz (a’udzu billahi minasysyaithaanirrajim).

Allah SWT berfirman, “Apabila kamu membaca Al Quran, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaithan yang terkutuk,” (TQS. An-Nahl [16]: 98).

2. Membaca Al Quran dengan tartil (sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid).

Allah SWT berfirman, “Dan bacalah Al Quran itu dengan tartil,” (TQS. Al-Muzzammil [73]: 4).

3. Hendaklah dalam keadaan suci.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Sungguh aku membenci jika aku berdzikir kepada Allah dalam keadaan tidak suci,” (HR. Abu Dawud).

4. Membersihkan mulut sebelum membaca Al Quran dengan siwak atau sikat gigi atau yang lain.

Berkata Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘Anhu, “Sesungguhnya mulut-mulut kalian adalah jalan-jalan Al Quran, maka wangikanlah mulut-mulut kalian dengan siwak,” (Atsar ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh Syeikh Al-Albany di Shahih Ibnu Majah 1/110-111).

5. Memilih tempat yang bersih.

6. Hendaknya merenungi apa yang terkandung di dalam Al Quran.

Allah SWT berfirman, “Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya,” (TQS. An-Nisa’ [4]: 82).

7. Memohon rahmat Allah jika melewati ayat-ayat rahmat dan meminta perlindungan dari kejelekan ketika melewati ayat-ayat adzab.

Di dalam hadis Hudzaifah ra. disebutkan bahwa suatu saat beliau shalat malam bersama Rasulullah ﷺ kemudian beliau menceritakan bagaimana Rasulullah membaca Al Quran ketika shalat, “Jika melewati ayat yang di dalamnya ada tasbih (penyucian kepada Allah) maka beliau bertasbih, dan jika melewati ayat tentang permintaan maka beliau meminta, dan jika melewati ayat tentang memohon perlindungan maka beliau memohon perlindungan,” (HR. Muslim).

8. Tidak membaca Al Quran dalam keadaan mengantuk.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Kalau salah seorang dari kalian shalat malam kemudian lisannya tidak bisa membaca Al Quran dengan baik (karena mengantuk) dan tidak tahu apa yang dikatakan maka hendaklah dia berbaring,” (HR. Muslim).

Delapan adab itu harus Anda perhatikan ketika akan membaca Al Quran. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kekhusyuan dalam membaca Al Quran. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kita untuk membaca dan memahami isi kandungan dalam setiap ayat Al Quran. []

Sumber: konsultasisyariah.com

Disalin dan ditulis ulang dari artikel berjudul, "Membaca Al Quran, Ada Adabnya Lho", 30 Juli 2016, oleh Rika Rahmawati (Islampos)

Pin It

banner program dauroh al quran

banner dauroh al quran 40 hari kotak

Tentang Kami

 

Pesantren Tahfizh Al Quran MataQu adalah lembaga pendidikan Islam yang berkomitmen menghasilkan para penghafal Al Quran dengan menawarkan berbagai program unggulan, diantaranya Santri Al Quran serta Dauroh Al Quran 40 hari.

Selengkapnya...

banner dauroh al quran 40 hari kotak